TIMES PRIANGAN TIMUR, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung (PT KAI Daop 2 Bandung) mencatat sebanyak 160.697 pelanggan telah bepergian menggunakan kereta api jarak jauh selama libur panjang Lebaran Idul Adha 2025 yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 Juni 2025.
Angka ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan perkeretaapian sebagai moda transportasi pilihan selama momen liburan.
Manager Humasda PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, dalam siaran persnya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan loyalitasnya kepada PT KAI.
"Terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya kepada PT KAI sebagai moda transportasi pilihan selama masa libur panjang ini. Capaian ini tidak hanya menjadi indikator keberhasilan pelayanan kami, tetapi juga menjadi semangat untuk terus meningkatkan kualitas layanan di masa mendatang,” ungkapnya. Rabu (11/6/2025).
Dari total 160.697 penumpang tersebut, tingkat okupansi mencapai 119 persen, melampaui kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 135.072 seat selama 6 hari masa liburan.
Peningkatan ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin mempercayai kereta api sebagai sarana transportasi keluarga yang aman, nyaman, dan efisien, terutama dalam momentum liburan nasional seperti Lebaran Idul Adha.
Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, Daop 2 Bandung mengoperasikan penuh KA Reguler dan menambah frekuensi perjalanan KA tambahan, seperti KA Lodaya dan KA Parahyangan.
Kebijakan ini diambil untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan transportasi terpenuhi dengan baik, sekaligus tetap menjaga kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.
PT KAI juga memastikan seluruh perjalanan berjalan tepat waktu serta memaksimalkan pelayanan dengan memperkuat kolaborasi antar petugas operasional, keamanan, pelayanan penumpang dan seluruh elemen pendukung di stasiun dan dalam rangkaian kereta.
Beberapa rute favorit pelanggan selama libur panjang ini menurut Kuswardojo menunjukkan pola mobilitas antarkota yang tinggi. Berikut lima rute teratas yang paling banyak diminati Bandung – Gambir (Jakarta), Bandung – Yogyakarta, Kiaracondong – Kutoarjo, Kiaracondong – Lempuyangan dan Bandung – Surabaya Gubeng
Rute-rute ini mencerminkan mobilitas masyarakat dari dan menuju kota-kota besar serta destinasi wisata dan keluarga selama liburan panjang.
Selama periode itu, sejumlah stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop 2 Bandung mencatat volume penumpang yang signifikan, yakni Stasiun Bandung: 29.359 pelanggan, Stasiun Kiaracondong: 17.416 pelanggan, Stasiun Tasikmalaya: 8.854 pelanggan, Stasiun Banjar: 5.614 pelanggan, Stasiun Cimahi: 4.176 pelanggan dan Stasiun Garut: 3.790 pelanggan
Data ini menunjukkan peran strategis Stasiun Bandung dan Kiaracondong sebagai gerbang utama mobilitas masyarakat di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.
Dengan hasil yang memuaskan selama libur panjang Idul Adha 2025, PT KAI Daop 2 Bandung menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan, mulai dari ketepatan waktu, kenyamanan perjalanan, hingga kesiapan fasilitas stasiun.
“Capaian ini mencerminkan keberhasilan kolaboratif seluruh elemen di PT KAI Daop 2 Bandung. Kami akan terus berinovasi dan menjaga standar layanan agar masyarakat semakin yakin menggunakan kereta api sebagai transportasi andalan, baik untuk kebutuhan harian maupun saat libur nasional,” pungkas Kuswardojo. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Okupansi Capai 119 Persen, PT KAI Ucapkan Terima Kasih atas Kepercayaan Masyarakat
Pewarta | : Harniwan Obech |
Editor | : Ronny Wicaksono |