TIMES PRIANGAN TIMUR, JEMBER – Dalam meningkatkan pelayanan terhadap Staf Bagian Prokopim, Bagian Umum dan Organisasi Pemkab Jember, Asisten III menggelar sosialisasi penguatan kompetensi layanan.
Kegiatan yang berlangsung di Aula PB sorediman Pemkab Jember pada Kamis (11/9/2025) ini, diikuti oleh sekitar 150 orang dari tiga instansi di lingkungan Pemkab Jember.
Isnaini Dwi Susanti selaku Asisten III Bagian Administrasi Pemkab Jember menyampaikan bahwa pelatihan dan sosialisasi ini penting dilakukan.
“Kami memberikan pelatihan kepada jajaran staf di bagian Protokol, Organisasi dan Umum, agar mereka memiliki kompetensi dalam memberikan layanan kepada masyarakat, terutama kepada tamu-tamu bupati," ujar Santi panggilan Isnaini Dwi Susanti.
Dalam pelatihan dan sosialisasi tersebut, pihaknya menghadirkan beberapa narasumber dari ketiga bagian tersebut.
Sementara itu, Yunisar Bayu K., salah satu narasumber dalam pelatihan tersebut menyampaikan, tugas seorang protokol itu ada dua jenis, yang pertama "melayani" bupati selaku pimpinan tertinggi di pemerintahan daerah dan yang kedua menjamu tamu bupati.
Selain itu, dia mengatakan seorang protokol, tak ubahnya sebuah etalase dari seorang bupati,
Menurutnya, sebuah etalase harus mampu dan memiliki daya tarik bagi orang lain, dalam hal ini tamu, sehingga harus bisa menjaga penampilan, sikap, dan juga kecakapan dalam komunikasi.
“Protokol itu laksana etalase dari seorang pimpinan dalam hal ini bupati. Oleh karenanya, harus bisa menjaga penampilan, baik dari sisi fisik seperti pakaian, senyuman maupun keramahan terhadap setiap tamu yang datang, apapun kondisi hati seorang protokol, harus mengedepankan senyum dan ramah,” pungkasnya. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Protokol Bupati Jember Ikuti Sosialisasi Peningkatan Layanan
Pewarta | : M Abdul Basid (MG) |
Editor | : Dody Bayu Prasetyo |